Senin, 23 April 2012

arsitektur mesin game

Arsitektur mesin game intinya adalah bagaimana cara pembuatan game sampai tahap dapat dinikmati oleh user. Pertama-tama hal yang penting adalah konsep. Sebenarnya sebelum membuat konsep liat dulu lah kemampuan software pembuatan game yang digunakan. Karena misalnya kita sudah membuat sebuah sistem game yang kompleks, contoh inventory dalam game yang kompleks. Ternyata di dalam software pembuatan game tersebut ga ada fitur inventory defaultnya sama sekali. Jadilah kita pusing ngakalin bikin sistem dan interface sendiri pake kodingan manual.

Kalo udah nentuin konsep pembuatan game. Buat dulu environmentnya alias interface dari konsep game yang udah kita pikirin lagi. Biasanya dalam software pembuatan game udah ada interface-interface default yang tersedia, tetapi kalo emang butuh interface yang beda bikin aja sendiri pake model editor yang kompatibel sama software pembuatan game yang dipake.

Nah masalah kedua adalah menterjemahkan konsep dari sistem yang udah kita buat ke dalam software pembuatan game yang kita pake. Misalkan kita pengen bikin game RPG dengan konsep dasar karakter yang bisa berubah job, item, inventory, teleport. Nah bikin deh tuh pake software pembuatan game yang digunain. Ini bagian paling lama dan biasanya banyak halangannya maka dari itu awal-awal gw bilang kita harus tau kemampuan dari software pembuatan game yang dipake, kalo udah siap-siap dari awal jadi gampang dan udah kebayang bikinnya kayak gimana.

Kalo udah selesai tinggal tahap testing alias ngetes-ngetes bug sama kekurangannya. Biasanya pasti selalu ada loh, g mungkin lu bikin game trus langsung bagus dan g ada bug.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar